Cara Membuat Efect Gambar Blur Via Ponsel


Sekarang ini lagi marak-maraknya modding tampilan homescreen symbian yang mengandalkan theme, kenapa mengandalkan theme??? bukan kah sudah ada aplikasi vhome yang tinggal pake saja??, jawabnya hampir semua sama.. Vhome efecknya sangat berat di ponsel, di samping itu berkreasi sendiri itu lebih memuaskan.biggrin
Nah postingan kali ini menjawab salah satu yang requet lewat FB, bagaimana cara membuat efeck gambar blur pada bagian top bar/bottom bar??.
Setelah aku keliling di berbagai forum ternyata sebagian besar mengandalkan screenshot dari tampilan vhome yang kemudian di potong pada bagian tertentu dengan image designer, wah.. Berarti harus menginstall vhome juga dong biggrin, lagian belum tentu kita mendapatkan desain skin vhome yang sesuai dengan yang kita inginkan.
Oke langsung saja ke tutorialnya.
Sebenarnya sudah ada aplikasi untuk menggabungkan gambar dengan efeck transparant, Yups.. Aplikasi tersebut sudah ada di blog ini sejak setahunan yang lalu razz, namanya IMAGE FUSE (basic python), klo belum punya silahkan dowload dulu di sini.
Disamping image fuse tentunya kita masih butuh image designer sebagai desain gambarnya.
langsung saja.. Siapkan 2 gambar, gambar ke 1 sebagai backgroundnya dan gambar ke 2 sebagai gambar yang di jadikan efeck blurnya, silahkan buat pake image designer, ukuran dan warna sesuai selera.
sebagai contoh mau buat efeck blur pada top bar dan bottom bar dengan ukuran lebar 320px dan tinggi 60px dengan warna blur hitam.
Nah.. Silahkan buat gambar pake image designer sesuai ukuran tadi 320 x 60px warna hitam, stelah siap sekarang buka aplikasi image fuse, klik menu dan pilih background, cari dan masukan gambar bacgroundnya.
image
Kemudian klik menu lagi dan pilih gambar, masukan gambar yang di buat tadi sebagai efeck blurnya, atur posisinya sesuai selera
image
image
Selanjutnya klik menu lagi dan pilih set transparantnya, masukan nilai transparantnya, maximal 100.
langkah terakhir tinggal simpan gambar, hasilnya akan tersimpan di folder !:/images/FUSE/.
Contohnya hasilnya seperti di bawah ini

image
image
Kalian juga bisa membuat blur dengan efect gradient, caranya sama seperti di atas, buat dulu gambar gradient yang di jadikan efeck blur dengan image designer, buat dulu dengan ukuran besar yang kemudian di resize sesuai selera, kenapa harus buat dengan ukuran besar dulu?, jawabnya biar hasil gambar gradientnya bisa lembut setelah di resize.
Untuk membuat gambar gradient silahkan simak di bawah ini
Langkah pertama: buka image designer lalu buat gambar baru, misal mau buat efect blur ukuran 320 x 22px, maka buat dulu dengan ukuran 320 x 200px.
Langkah ke dua: Tentukan warna gradient yang di inginkan, tekan fungsi+3 dan pilih warna yang di inginkan.
image
Setelah itu klik MENU -> FILTER -> GRADIENT, nanti akan mucul 4 pilihan model gradient, silahkan pilih sesuai keinginan.

image
image
Lankag ke tiga: setelah gambar gradient di buat, sekarang resize sesuai dengan ukuran yang di butuhkan tadi, tekan MENU -> IMAGE -> RESIZE -> PIXELS, masukan ukuran yang di inginkan , dalam contoh di atas 320 x 22px, saat muncul notifikasi pertahankan bentuk maka pilih tidak/cancel. Setelah jadi lalu simpan. Liat hasilnya... Gambar gradientnya terlihat lebih lembut.. biggrin.
image
Langkah terakhir silahkan buat efect blurnya dengan image fuse seperti cara di atas tadi redface
Contoh hasilnya seperti di bawah
Hasil gradient
image
Setelah di buat blur

image
Bagi kalian yang kreatif bisa mengedit foto seperti di bawah ini.
image
image
Untuk caranya silahkan di otak atik sendiri razz, pamit dulu mau tidur.. razz
OPEN GAMBARNYA BIAR JELAS.

No comments:

Post a Comment

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya vito minta maaf yg sebesar"nya jika komentar anda belum sempat dibales. ^^

Followers

Lagi Naik Daun