Gerwani Yang Menjatuhkan Diri Ke Dalam Sumur

Saya Hilman umur 33 tahun (dari Sukabumi-Jabar).

Ceritanya terjadi di wilayah Sagaranten Jampang. Waktu itu, orang tua ku pindah tugas. Rumah dinas camat saat itu sangat buruk, tua, berlumut, di atap nya tumbuh ilalang dan pohon liar lainnya (kebayang kan). Harus di renovasi... Keputusan untuk sementara tinggal di sebuah bangunan yang pernah di pakai oleh Bank BRI. Bangunannya berlantai dua, dengan ruangan yang besar, hanya satu kamar di lantai bawah, bersebelahan dengan sumur tua. Di lantai atas tidak ada kamar, hanya satu ruangan besar, dan terpaksa tidur di ruangan itu.

Hari pertama setelah pindah, bersama 3 teman aku berkumpul dan bermain krambol. Suasana malam ditempat itu tidak nyaman buatku. Untuk menuju lantai dua ada sekitar 50 anak tangga dari kayu, dan tepat ditengah tangga dibalik dinding kayu seolah ada ruangan besar kosong (atap atau para). Sekitar jam 11 malam, ibuku sudah tertidur sementara ayah belum pulang. Kita berempat sama-sama membuat mie dan kopi di dapur belakang yang bersebelahan dengan sumur tua. Ada suara benda jatuh ke air, namun kami hiraukan walaupun aneh. Beberapa saat kemudian Gungun berteriak karena telinga nya ada yang menyentil keras, dan dia menyangka salah satu dari kami yang sengaja bercanda. Dade, Dino geleng kepala, akupun tidak merasa, lantas siapa?

Suasana mulai tegang, dan kami pun berdesakan keluar dan meninggalkan mie di dapur, semua berlarian ke arah tangga. Namun saat berada di tengah tangga yang ada dinding kayu, terdengar suara seperti ayam jantan kok krok krok kok (mengeram). Kita berempat langsung menuju tempat tidur, bahkan aku masuk ke kolongnya. Semua ketakutan... Beberapa saat kemudian ada suara langkah kaki dari tangga, dan dari balik pintu muncul kepala berambut sebahu, seperti mengintip kami, tapi tidak jelas wajahnya. Kemudian kepala itu hilang dan suara langkah kaki menuruni tangga terdengar lagi. Kami tak berani melihatnya, bahkan tak tidur semalaman.

Kupikir itu ibuku yang terbangun karena kegaduhan kami. Namun saat kutanyakan di pagi hari, ibu mengatakan bahwa ia tidak keluar kamar apalagi ke ruangan atas malam tadi. Lantas siapa itu? Dari cerita yang punya bangunan, dia menjelaskan bahwa di sumur di dalam bangunan itu pernah ada seorang Gerwani (jaman PKI) yang pernah bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke dalam sumur...

No comments:

Post a Comment

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya vito minta maaf yg sebesar"nya jika komentar anda belum sempat dibales. ^^

Followers

Lagi Naik Daun