Install Billing Explorer di Ubuntu

Billing memang kebutuhan yang mendasar bagi setiap warnet. Banyak fasilitas yang disediakan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya Billing BiOS (Billing Open Source) yang nota bene billing ini bisa berjalan pada Sistem Operasi BerbasisOpen Source (LINUX) dan bisa berjalan dengan baik juga pada Sistem Operasi Windows, tapi billing ini masih banyak kekurangan di bandingkan dengan Billing Explorer yang hanya bisa berjalan pada Sistem Operasi Windows.

karena kaingin tahuan maka Billing Explorer yang berjalan pada Sistem Operasi Windows Bisa Berjalan dengan Baik di Sistem Operasi Linux.

"caranya sangat mudah" di sini saya menggunakan Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) mungkin karena dimulai dengan huruf M. jadi M-160. hahahahahaha....."bercanda". dan Billingnya Billing Explorer deskpro 2008

1. Setelah Proses instalasi Sistem Operasi selesai kita langsung saja meng"update"  dengan cara :
    - masuk di terminal dan masuk sebagai Super User "

sudo su -

   -  setelah itu kita mengetikkan perintah 

apt-get update

kita mengupdate agar pada proses instalasi langsung terkoneksi dengan internet Maverick Meerekat langsung mengenali alamat-alamat yang akan ditujunya.

2. setelah itu kita menginstall paket wine; tujuaanya agar kita bisa menginstall program2 yang hanya bisa berjalaan di Windows. Wine ini adalah EMULATOR. caranya adalah :

apt-get install wine

3. untuk komputer kasir kita bisa menginstall paket server pada billing explorer. setelah itu kita bisa melakukan proses registrasi seperti pada registrasi sistem operasi windows.

4. pada komputer client kita melakukan proses yang sama, hanya saja yang membedakan kita mencopy semua file yang ada pada folder client ke registry billing 008 wine.

5. stelah terinstall kita tinggal melakukan penyetingan seperti biasa agar komputer client bisa langsung berhubungan denngan komputer kasir. 

setelah semua proses selesai maka billing akan berjalan normal di Sistem Operasi Linux

permasalahan yang ada selama ini billing explorer bisa terinstall dengan baik di LINUX hanya saja tidak bisa tampil permanen. setelah saya melakukan proses penginstallan seperti di atas dan menunggu sekitar 9 menit ternyata billing tersebut bisa berjalan dengan normal.


semoga bermanfaat. 

4 comments:

  1. cara crack bex diubuntu bagaimana mas?

    ReplyDelete
  2. ane kurang paham gan :) mav ya. ane ini juga masih belajaran :)

    ReplyDelete
  3. masalahnya saya ga tau dmn letak " registry billing 008 wine "nya...., tolong bantu cariin infonya ea...

    ReplyDelete
  4. Linux menyimpan konfigurasi sistem yang disimpan sendiri sendiri (bukan file tunggal/pusat) dan biasanya adalah sebuah file teks (biasanya memiliki ekstensi .conf) dan mudah untuk di edit karena hanya butuh teks editor. Jika ingin menelusuri konfigurasi sistem pada Linux Anda bisa mengeceknya di /etc, sedangkan jika Anda ingin mengecek konfigurasi yang berasal dari user biasanya tersimpan pada /home.

    ReplyDelete

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya vito minta maaf yg sebesar"nya jika komentar anda belum sempat dibales. ^^

Followers

Lagi Naik Daun