Negara termiskin di dunia


Negara termiskin di dunia

Zimbabwe (GDP per kapita:$200)
Zimbabwe merupakan negara termiskin di dunia. Negara ini terletak di benua Afrika selatan. Negara yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di barat, Zambia di utara dan Mozambik di timur. Zimbabwe adalah sebuah negara tanpa lautan.
Jika Amerika dan negara-negara maju lainnya, menggunakan satuan $1, $5, $20 atau paling besar $100, sedangkan di Indonesia, karena Rupiah cukup kecil nilainya, sampai sekarang nilai mata uangnya 1000 rupiah, bahkan sampai 100.000 rupiah. Akibat inflasi yang tinggi (mencapai 2,2 juta%), bank sentral Zimbabwe sudah mengeluarkan 4 versi mata uang sampai sekarang. Terakhir kali bank sentral Zimbabwe mengeluarkan pecahan $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) yang menjadi uang dengan nominal terbesar didunia yang kemudian digantikan dengan dolar versi ke-4 dimana setiap $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) uang lama digantikan menjadi $1 uang baru. Bahkan, dolar zimbabwe tidak laku digunakan pada beberapa toko di zimbabwe, mereka memilih menggunakan dolar amerika atau emas sebagai alat pembelian.
100milyar untuk 3 butir telur

Untuk bertahan hidup di zimbabwe sangat sulit, kehidupan disana sangat keras. Harga-harga barang melambung tinggi. Begitu juga dengan angka pengangguran, mencapai 80%. Membeli seikat sayur aja, 5 juta dolar Zimbabwe, emas 170 juta dolar Zimbabwe, satu butir telur aja 6 juta dollar. Sekian juta atau bahkan ratusan juta Zimbabwe, itu setara hanya dengan puluhan ribu di Indonesia. Harga barang di negara ini bisa naik dua kali dalam sehari, atau bahkan berkali-kali dalam seminggu. Angkutan umum sulit didapat. Di sini angkutan umum memang masih menjadi masalah besar.Angkutan umum masih minim. Diperlukan dua kali lipat dari jumlah yang ada sekarang ini, baru memadai,” kata Ivanhoe M Gurira selaku Principal Press Secretary di Kementerian Informasi dan Publisitas Zimbabwe. Persoalannya sekarang adalah sulit mencari investor yang mau terjun ke dunia transportasi. Akibatnya kendaraan umum semakin langka. Banyak orang dijalan-jalan mencegat mobil yang melintas. Tidak peduli mobil pribadi, mobil diplomat, atau mobil dinas apa saja. Mereka mengharap belas kasih dari pengendara mobil untuk bisa mengangkut mereka.
Sebenarnya aku sendiri sedikit bingung bagaimana menuliskan mengenai kehidupan zimbabwe. Aku lihat di beberapa video di Youtube, solah kata-kata susah untuk menggambarkan kehidupan rakyat disana. Jadi aku putuskan untuk memerlihatkan dalam bentuk gambar dari pada kata-kata.
Anak-anak mencari makanan di tumpukan sampah

Uang di zimbabwe tidak ada nilainya, dianggap sampah. Betapa tidak menariknya memiliki uang di Zimbabwe sekarang, karena dengan 100 milyar dollar di tangan pun, seseorang cuma bisa membawa pulang beberap kilo beras. Yang terjadi kemudiain ialah, depresi sosial terjadap nilai. Setiap melihat uang di tangan rakyat di negeri itu bisa memunculkan berbagai akspresi: ada yang terhina karena begitu rendah kedudukan negaranya. Ada yang rendah diri karena martabat tak lagi mereka miliki di hadapan bangsa-bangsa lain di dunia.
Transportasi yang tidak mencukupi bagi warga zimbabwe (indonesia jauh lebih baik..)
Banyak orang mati karena terkena kolera, karena lingkungan tinggal di penuhi sampah, air untuk minum dan beraktifitas telah kotor dan tercemar. Bahkan mereka mengambil air dari selokan untuk minum.

keadaan rumah sakit
Kendaraan yang digunakan untuk ambulance…
Kehidupan di zimbabwe
Toko swalayannya banyak rak yang kosong… (mending indomart ato alfamart di inconesia)
wew… sebenernya banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget gambarnya tp takutnya malah bikin boring yang baca. Nah yang menjadi pertanyaan… Oq bisa keadaan suatu negara sampai seperti itu???? Jika anda befikir bahwa zimbabwe adalah negara yang gersang dan tidak memiliki sumber daya apapun untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan negara, anda salah besar… Zimbabwe bukan Negeri miskin sesungguhnya. Negeri ini punya bakat makmur dan pernah makmur. Zimbabwe, 80% tanahnya subur dan disana banyak emas… tp bagaimana bisa negara yang subur dan kaya akan emas bs semelarat itu???? Mau lihat sisi lain zimbabwe?
Percaya kah anda ada bangunan semegah ini di zimbabwe? Punya siapa yah kira-kira…
Nah-nah.. tu gambar property rumah milik presiden zimbabwe. Dan lebih gilanya lagi, Grace Marufu Mugabe, istri dari presiden Zimbabwe gemar berbelanja (bukan gemar menabung) , dia menghabiskan lebih dari £200million untuk bahan bakar pesawat jet pribadi (bayangin punya pesawat jet sendiri tp rakyatnya ngak makan berhari-hari). Saat berada di London, dia menghabiskan £40,000 untuk berbelanja pada sore hari (hanya belanja beberapa jam saja menghabiskan £40,000…). Dia menghabiskan £500,000 untuk membangun 30 kamar tidur di mansionnya (dinamai Gracelands), kemudian pada tahun 2000, dia menjual mansionnya kepada pemimpin Libyan, Muammar Gaddafi dengan harga £3million. Pada waktu yang singkat, dia mengahabisakan £75,000, di butik-butik New York, Paris dan London. £180 untuk Christian Dior sunglasses dan £25,000 untuk jam tangan Rolex. Sampai2 ada negara yang mengeluarkan larangan berbelanja di negaranya kepada Grace (aku lupa negara apa…).

No comments:

Post a Comment

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya vito minta maaf yg sebesar"nya jika komentar anda belum sempat dibales. ^^

Followers

Lagi Naik Daun